Berkilau Barang Antik di Jalan Surabaya – Menteng

Saya paling suka jika melewati jalan Surabaya – Menteng Jakarta Pusat. Pertama, karena ngga pernah macet. Kedua karena pemandangannya sejuk. Tak hanya banyak pohon rindang, tapi juga lihatlah, banyak kilauan barang barang perak dan tembaga disini. Selain itu juga ada lampu kristal, keramik berusia ratusan tahun, hingga aneka barang antik khas daerah Indonesia dan manca negara.

Jalan Surabaya Menteng ini memang telah terkenal sebagai tempat jual beli barang antik sejak tahun 70an. Disini suka ada saja barang barang aneh, semisal : galangan kapal, sobekan kain tenun berusia ratusan tahun, bola meriam bahkan sampai pedang. Woowww … siapa yang mau beli? Banyak!!! Hohoho … tak hanya kolektor barang antik, tapi banyak turis asing yang suka berbelanja di kawasan ini. Jadi, kalau anda sedang ada tugas untuk wawancara turis asing, kesini aja heheheheee.

lokasi beli barang antik di jakarta

barang antik bagus bagus di jakarta

Yang menarik, saat saya ‘turun jalan’ alias menyusuri jalan surabaya ini. Pemilik tokonya pada sibuk sendiri semua. Umumnya keseharian mereka ternyata adalah bersih bersih dan merawat barang dagangan mereka. Wah pantes aja, biar kaki lima tapi barangnya ngga berdebu, ngga kumal dan bersih kinclong justru. Perawatannya lebih intens ketimbang museum yak heheheee.

Kata salah satu penjual, “Wah waktu pertama datang ya barangnya ngga sebagus ini. Biasanya ada yang kusam bahkan berkarat. Tapi kami para pedagang disini, sudah tahu bagaimana cara memoles dan merawat barang barang antik. Jadi ya seperti inilah hasilnya yang anda lihat sekarang”. Waaahhhh luar biasa !!! Kristal dan tembaga menjadi berkilau dan sobekan kain dipercantik dengan di pigura sehingga terlihat eksotik dan lain sebagainya.

Demikian juga dengan jam dinding. Jam dinding yang ada disini ada yang masih dari zaman penjajahan Belanda loh. Namun karena pembeli terus berdatangan tentu jumlahnya makin terbatas. Oyaaa dan untuk harga sendiri, karena ini adalah hobi, jadi untuk mendapatkan harga yang sesuai kantong anda, harus pandai pandai menawar.

penjual keramik cina kuno di jakarta

barang langka di jalan surabaya jakarta

Selain barang antik

Selain barang barang antik, disini juga ada kios yang menjual kaset kaset. Hahahaa yang saya kaget, disini juga ada kaset Laser Disc seperti di rumah saya waktu saya masih duduk di kelas 4 SD hahahaa laser disc nya aron kwok. Jiatralalalalaa. Jadi nostalgila deh saya.

Setelah habis kita menyusuri deretan barang antik dan kaset kaset. Berjajarlah penjual sepatu, tas dan koper. Nah kalau yang ini semuanya baru. Ngga ada yang bekas dan tentunya bukan barang antik hoohho. Harga yang ditawarkan cukup membelalakkan mata. Tapi kalau kita pintar menawar, kita bisa mendapat harga luar biasa.

Satu hal yang paling saya suka disini adalah kerapi-an nya. Andai para pedagang kaki lima mau dikelola dengan kios yang rapi dan bersih seperti ini, indahnya Jakarta. Oke, kira kira seperti inilah pengalaman saya, semoga bermanfaat.

masih adakah yang jual laser disc

—————————————————————————————————

Nama Tempat : Barang Antik Jalan Surabaya Menteng Jakarta Pusat
Cara kesini : Tak jauh dari stasiun Cikini. Tanya saja, pasti pada tahu
Bus / Metro Mini yang lewat:
Metromini 49 jurusan Pulogadung-Manggarai
Mikrolet 17 jurusan Manggarai – Pasar Senen
Bus P213 jurusan Kampung Melayu – Grogol

—————————————————————————————————

Penulis : Catur Guna Yuyun Ang
Instagram @catur_guna dan @jakartaseru
Facebook : https://www.facebook.com/groups/jakartaseru/

  • Add Your Comment