Berkenalan dengan Menu Baru sekaligus Chef Grand Zuri BSD Tangerang

Berkat dikenalkan Mba Maya Siswadi, Kamis, 15 September 2016 saya mendapat undangan dari Hotel Grand Zuri BSD City Tangerang. Tertulis disana diundang juga beberapa Media dan Blogger. Acaranya adalah berkenalan dengan Chef baru mereka, Yan Hari Triputra, sekaligus mencicip hidangan baru kreasinya.

Sedikit tentang Chef Hari. Ia pernah bekerja di 6 negara dan fasih beberapa bahasa Internasional termasuk salah satunya adalah Perancis. Namun akhirnya kembali juga ke Indonesia dan kini bergabung di dapur Grand Zuri BSD City Tangerang. Disini ia telah meracik 53 resep untuk Grand Zuri BSD, mulai dari appetizer hingga dessert. Dan, hari ini kami dipersilahkan untuk mencicip β€˜keahliannya’.

Pertama tama disajikan pada kami 8 hidangan pembuka yang terdiri dari 4 soup dan 4 gorengan untuk dicoba bersama sama. Sementara untuk hidangan utama, 1 blogger/ media diundi : siapa mendapatkan apa. Dan Hidangan Penutup disajikan 4 kue yang kami foto dan makan beramai ramai. Dan kira kira berikut rasa hidangan yang saya coba.

Chef Yan Hari Triputra

Chef Yan Hari Triputra

Grand Zuri Hotel

Potato Cream Soup – kesukaan si Kenzo

Hidangan berbahan dasar Kentang dan Susu ini adalah soup yang sangat menyenangkan untuk dinikmati pagi atau sore hari sambil membaca koran di teras rumah yang sejuk. Kira kira inilah yang ada dibayangkan saya saat mencicip sesendok Potato Cream Soup dari Grand Zuri resep dari Chef Yan Haris.

Dengan aroma bawang bombay yang mengalun halus saat dihirup, cream soup ini sangat creamy dengan tekstur lembut yang tidak terlalu kental. Garam lada ditakar dengan sempurna sehingga tak menghilangkan rasa susu yang dominan. Hasilnya? Tak hanya saya yang suka, Kenzo anak saya yang berusia 8 bulan, suka sekali. Saya ambilkan 3 sendok makan dan dilahapnya dengan sangat cepat.

grand zuri soup

Zara Suka yang Ini

Soup ini berisi Mie Wortel Kentang dan entah apalagi. Saya tidak sempat mengacak acak, hanya mengambil 2 sendokan garpu Mie nya saja dengan kuah secukupnya untuk anak saya Zara yang berusia 4 tahun. Dia suka sekali sampai minta tambah. Tapi karena ini hanya testing tentu saja saya jawab, “Coba yang lain saja, sudah habis”, hehehe.

Karena penasaran maka saya juga ikut mencoba. Rasanya pertama saya pikir akan asam manis seperti soup merah atau agak lebih creamy seperti bolognaise. Ternyata perkiraan saya salah. Soup ini agak asam seperti campuran rasa antara tomyam, bumbu sambal salsa dan pasta tomat. Hoho entahlah resepnya bagaimana, tapi inilah yang saya rasakan.

Aneka Gorengannya

Dari 4 gorengan yang dikeluarkan. Saya paling suka saus merah spring roll nya (saya justru ngga nyoba spring rollnya karena sudah habis hihihi). Sausnya adalah saus cair manis segar kesukaan saya. Saus ini saya gunakan untuk cocolan kroket kentang dan tahu crispy. Hmmmm syedaaaapppp nikmat. Oke saya akan jabarkan rasa gorengan yang saya coba:

Kroket Kentangnya memiliki tekstur halus dengan bagian luar yang sangat crispy. Namun untuk saya pribadi, kroket ini bukan butuh saus yang disandingkan dengan si kroket. Kroket justru jadi sangat lezat ketika disiram dengan saus merah milik spring roll yang saya sebut diatas.

grand-zuri-spring-roll grand-zuri-tahu-goreng-krispi grand-zuri-kroket-kentang grand-zuri-calamary
Nachos saya coba saat semuanya sudah lemas dan basah. Hihi maklum difoto foto dulu bergiliran banyak orang. Lalu saya pun kebagian paling akhir tinggal secuil dipiring. Karena tak merasakan rasa sebenarnya, saya tak berani berkomentar. Hihi. Tapi kelihatannya sih jika dimakan saat masih crispy, ini akan enak.

Calamary menjadi hidangan favorit saya untuk gorengan. Sebetulnya rasanya standart calamary pada umumnya. Namun karena saya suka calamary si cumi potong berbalur tepung, jadi ini adalah favorit saya. Sangat renyah dengan cumi yang empuk. Cocolan mayo-nya juga cocok.

Hidangan Utama

Untuk hidangan utama, setiap orang diminta untuk mengambil 1 kupon. Kupon berisi nama nama hidangan utama untuk kita cicip. Saya mendapat Soto Ayam. Hmmm Soto di Hotel. Sebetulnya sudah terbayang rasanya akan seperti apa. Yaitu sebuah Soto dengan kuah rasa ‘sehat’.

grand-zuri-soto-ayam grand-zuri-nasi-hainam
Soto Ayam disini memiliki rasa kuah yang cenderung light namun hebatnya ada after taste yang melekat cukup kuat. Saya duga ini terjadi karena soto ini benar benar mengandalkan rempah dan tidak memakai MSG maupun jeroan untuk membuat gurih kuahnya. Sehingga ketika diseruput, rasanya cukup ringan tapi memiliki jejak rempah yang melekat.

Kurang lebih inilah review saya akan makanan utama di sini. Hidangan lainnya saya tidak bisa bercerita karena memang tidak mencoba. Namun disebutkan sang chef, salah satu menu andalannya adalah Chicken Hainam yang di dapatkan oleh wartawan Media Indonesia. Hmmmm … Saya adalah penggila chicken hainam !!! Kapan kapan bolehlah dicoba jika kesana lagi. Sekilas dilihat, ayamnya tampak kurang basah berminyak. Tapi cukup menggoda untuk dipesan nanti.

Aneka Dessert

Empat dessert untuk 15 orang. So, saya harus memaksimalkan lidah supaya tiap satu sendoknya bisa saya cicip secara betul betul. Yang pertama saya coba : Cheese Cake ini sangat lembut dengan rasa cream cheese dan whip cream yang tertakar pas. Lalu ada saus strawberry segar yang membuat cheese cake ini tidak terasa eneg. Yesss, pecinta cheese cake, pesanlah cheese cake racikan Chef Yan ini. Dijamin memuaskan.

grand-zuri-tiramisu grand-zuri-cheese-cake grand-zuri-pisang-goreng
Tiramisunya saya coba dengan tidak maksimal. Karena memakan tiramisu yang benar menurut saya adalah ketika dalam sendokkannya mendapatan semua layer (lapisan) nya. Dan sendokan saya tidak cukup dalam untuk mendapatkan semua rasa tersebut. Namun tiramisu ini bisa saya rasakan, enaaak. Rasa kopi nya cukup tajam dengan tekstur lembut.

Pisang Goreng bersaus vanila juga jadi camilan rekomendasi untuk anda pesan jika sedang berada di Grand Zuri BSD City. Pisang ini terbuat dari pisang ambon yang diblender kemudian di kemas dalam tepung roti. Krispi dengan bagian pisang yang padat. Saat disiram saus vanila, wooowwww nikmat banget!!! Menurut saya, saus vanilanya harus ditambah porsinya hihi. Karena pisang ini enak banget dimakan dengan saus vanila yang sangat berlimpah.

grand-zuri-zara-cute grand-zuri-zara grand-zuri-restaurant grand-zuri-kenzo grand-zuri-tangerang grand-zuri-bsd-tangerang grand-zuri-bsd-city grand-zuri-bsd grand-zuri-indonesia

Dan kira kira inilah review saya akan Menu Baru dari Chef Baru Grand Zuri BSD City restaurant. Semoga dapat menjadi referensi kuliner hotel anda, terutama buat yang sedang menginap di Grand Zuri BSD.

    1. Rusydina Tamimi September 17, 2016
      • Catur Guna September 18, 2016
    2. yayu arundina September 17, 2016
      • Catur Guna September 18, 2016
    3. Katerina September 18, 2016
      • Catur Guna September 18, 2016
    4. muti mimut September 25, 2016

    Add Your Comment