Berburu Kuliner di Magelang Jawa Tengah

Selama 5 hari di Magelang, saya cukup terpukau dengan harga makanan di Magelang. Muraaahhh Banget!!!! Pake tanda seru murahnya. Mengapa? Karena murahnya bukan berarti murahan, tapi murah dengan rasa yang berkelas!! Tak heran jika Pak Susilo Bambang Yudhoyono aja sampai terpukau oleh makanan warung di Magelang. Wow memang apa menu kesukaan Pak SBY di Magelang?

Tahu Pojok Magelang merupakan salah satu warung langganan Pak SBY (saya tahu karena melihat instagram Bu Ani Yudhoyono yang meng-upload foto Bu Ani dan Pak SBY sedang makan di warung ini dengan kutipan caption, “…. sejak 20 tahun silam”. So ini artinya pelanggan lama kan huhuhu).

magelang-tahu-pojokDan caption Bu Ani tersebut diperkuat oleh kata si Ibu pemilik warung, “Oya Pak SBY sudah langganan disini sejak belum jadi presiden, jadi presiden, dan sampai sekarang tiap ke Magelang pasti makan Tahu Magelang kita”.

Tak hanya Pak SBY yang sering datang kemari tapi juga sejumlah politisi dan artis kawakan negeri ini, salah satunya Christine Hakim. Rasa kupat tahu nya memang dahsyat!!! Harganya??? Saya makan kupat tahu, gorengan, krupuk 2 jenis, es campur dan 1 botol air mineral cuma habis 23ribu rupiah saja.

Penasaran dengan rasa dan kisah lebih lengkapnya? Baca diartikel saya yang bertajuk “Warung Langganan Pak SBY jika ke Magelang” atau klik disini untuk membaca.

Rm. Lukito – Jangan salahkan saya jika selama di Magelang ini saya kurang mengeksplore kulinernya. Karenaaaa saya ngga bisa move on dengan kelezatan ayam kremes di Rm. Lukito. Hampir tiap hari saya makan di rumah makan yang dekat tempat menginap saya ini.

magelang-zara-nugroho magelang-rm-lukitoAkibatnya? Tentu saya jadi tak icip yang lain karena sebelum pergi saya sudah kenyang dengan si ayam kremes Lukito ini. Dahsyat. Murah meriah ayam kampuang nan jau dimato ini hanya 13.000 rupiah loohhh. Dan oya bebeknya juga dahsyat. Mau tau lebih lengkap? Baca artikel saya selanjutnya yang berjudul, “Lembutnya Tulang Ayam Rm. Lukito”. (hihihi tunggu ya belum di upload)

—–

Kuliner Kaki Lima di Magelang cukup banyak dan menggoda sebetulnya. Berderet deret dan semuanya menguarkan aroma harum yang bikin perut lapar. Apalagi udara di Magelang agak semacam Bandung yang dingin dingin syahdu bikin lapar. Ggggrrrr ….

Sayang saya tak sempat menikmatinya selain 1 kaki lima penjual seafood yang saya tak tahu lokasinya hoho (karena dibungkusin suami dan dia sendiri lupa mengingat dia beli dimana). Tapi rasa masakan seafood kaki lima ini sangat sedaaaapppp !!!!

Jadiiii, dari 1 bungkusan cumi saus tiram yang amat sedap ini saya bisa menyimpulkan  bahwa kaki lima lainnya di Magelang juga pasti banyak yang enak. Mengapa? Karena cumi yang saya makan ini sama sekali tidak berasa seperti kaki lima di Jakarta. Rasanya sangat restaurant!!!

Jika kemasannya bukan plastik dan nas bungkus kepal, pasti saya ngga akan percaya jika suami beli ini di Kaki Lima. Asli enak. Woooww Magelaaaaang, suatu saat jika kemari lagi, saya pasti akan hunting dari kaki lima yang satu ke kaki lima yang lain. Tunggu saya yaaa.

Kuliner Lainnya

5 hari di Magelang selain setiap hari memuaskan diri dengan ayam Lukito, Selebihnya saya hanya Makan di Hotel, Makan di Mall Artos dan atau di GOR Djarum sambil menunggu suami mengawasi anak didiknya yang sedang bertanding Badminton.

magelang-soto-betawi magelang-sop-buntutHmmmm ada sih 2 lokasi kuliner lagi yang saya cicip. Rasanya lumayan. Sop Buntut di Cemara Dua yang dagingnya empuk, porsi besar harga murah hanya 30.000. Kemudian Soto Betawi Ny. Tjin yang memiliki taste chinese. Yup baru kali ini saya makan soto betawi yang sangat gurih bawang putih hoho. Ya enak juga, tapi jadi hilang kebetawiannya. (Kedua resto ini tak jauh dari Alun Alun)

Kira kira inilah pengalaman kuliner selama 5 hari di Magelang, semoga bermanfaat yah. Dan yuhuuuu Magelaaaang!!! Aku pasti merindukan kulinermu. Murah Meriah Enak Sedap dan Penduduknya sangat ramaaaah. Oya??? Yup untuk membaca artikel tentang Kedamaian di Magelang baca di artikel saya selanjutnya ya, klik disini untuk membaca. (artikelnya belum di upload juga, tunggu yah)

——————————————————————-

Penulis : Catur Guna Yuyun Ang
Instagram @catur_guna dan @jakartaseru
Facebook : https://www.facebook.com/groups/jakartaseru/
Email : caturguna.ang@gmail.com

    1. Mayangsari December 11, 2016
      • Catur Guna December 11, 2016

    Add Your Comment