Belut Tuban Tak Melulu Harus Pedas – Belut Mbah Woto

Belut merupakan salah menu yang cukup trend di Tuban. Dulu penjualnya cukup langka, namun kini penjualnya sudah mulai ada beberapa. Salah satu penjual Belut yang menjadi favorit keluarga JakartaSeru adalah Belut Pak Woto yang lokasinya susah susah gampang dicari.

Gampang karena gang-nya terletak di jalur utama Tuban menuju Surabaya. Susahnya karena papan petunjuknya lumayan kecil dan gangnya pun kecil. Padahal jika sudah masuk gang tersebut, mudah sekali menemukannya, karena tak terlalu jauh dengan lahan parkir yang cukup luas.

Beberapa kali kesana, Pemiliknya, Mbah Woto selalu tampil rapi dengan baju kemeja yang dimasukkan ke celana dengan ikat pinggang dan jam tangan yang tak pernah ketinggalan. Senyumannya pun tak pernah lupa ia sunggingkan. Ramah sekali.mbah-woto-belut-pedas

mbah-woto-siwalan mbah-woto-zara

Setiap kesana, kami selalu beramai ramai, karena makan belut begini memang enaknya ramai ramai baru seru. Bahkan jika anda suka dengan minuman khas Tuban semacam Legen atau Toak, bisa pesan sehari sebelumnya, karena dibelakang warung Mbah Woto ada banyak terserak pohon siwalan yang menghasilkan minuman khas tersebut.

Hari ini kami memesan Belut, Kikil, Buntut, Becek dan Keong. Senangnya jika makan disini adalah Belut bisa dinikmati oleh pecinta pedas maupun mereka yang tidak suka pedas sama sekali. Karena ketika kita memesan belut rica, juga munculnya belut dan sambal dipisah. Dan kabar baiknya, belut ini dimakan tanpa sambal sudah sangat enak, gurih asin yang menggoda. Selain itu juga terasa rasa dan aroma rempah yang ringan nikmat. Ini karena belut digoreng dengan bumbu yang cukup kaya.

mbah-woto-belut

Selain belut, buntut goreng juga menjadi primadona saya. Buntut sapi ini digoreng dengan cita rasa asin dengan gurih bawang bawangan yang membuai lidah. Aroma tajam namun ketika sampai di lidah menjadi lembut. Bingung? Hoho memang agak susah dijelaskan, namun yang jelas ini adalah hidangan seru untuk siang hari.

Masuk pada menu becek. Becek adalah hidangan berkuah santan pedas yang cukup masyur di Tuban. Berbeda dengan rasa gulai, becek memiliki aroma wangi yang sangat khas. Becek bisa dimasak dengan daging sapi, ayam, bebek dan ikan. Dan di Pak Woto ini adalah Becek Bebek (mentok). Seluruh rombongan memuji sang Becek bebek ini karena cita rasanya yang tajam pedas dan menggigit. Bebeknya pun lembut mulus empuk.

mbah-woto-daftar-harga

Menuju Tuban atau hendak ke Surabaya? Monggo mampir … karena warung ini memang terletak di jalur akses luar kota. Alamat dan No Telp Mbah Woto nya bisa dilihat di Nota dibawah ini.

mbah-woto-tuban

 

  • Add Your Comment