Al-Wira – 24 Jam Nonstop Indian Food di Cheras Kuala Lumpur

al-wira-catur-guna

Pagi di Cheras  memiliki kesejukan tersendiri. Kawasan dengan kontur yang masih berbukit dan banyak pohon ini, merupakan salah satu kawasan di Kuala Lumpur yang cukup ramah bagi pecinta makan. Yeah, karena makanan di daerah sini enak enak dan murah murah. Oke sesuai judul, maka kali ini yang saya bahas adalah tentang Masakan India di Kuala Lumpur.

Sudah masuk dalam pelajaran umum di sekolah, bahwa Keturunan India merupakan salah satu penduduk yang cukup melimpah kehadirannya di Malaysia, maka tak heran jika kedai kedai ber-aroma India sangat mudah kita temui di sini. Dan kebanyakan dari mereka buka 24 jam Non Stop. Woowww … jadi, pagi bisa sarapan kue canai yang lezat, siang makan nasi lemak dan malam nongkrong sambil ngemil roti Naan. Minumannya??? Tentunya Teh Tarik atau Teh Halia. Luar biasa nikmatnya.

al-wira-suasana al-wira-cheras

Selama beberapa minggu tinggal di daerah Cheras sini, Indian Resto yang paling saya suka adalah Al Wira ini, alasannya :

1. Tentu salah satu jawaban paling mudah adalah karena ia buka selama 24 jam Nonstop
2. Karena suasana yang nyaman. See, kedai ini begitu terbuka, lengkap dengan kanopi yang dapat bergeser keluar masuk tergantung cuaca. Jika sedang panas atau hujan, maka kanopi dibuka untuk melindungi para pelanggan. Selain itu, juga jika malam, kedai ini dilengkapi dengan Layar Tancap
3. Dekat dengan tempat tinggal kami
4. Tentunya soal Rasa

Canai

al-wira-canai

Canai adalah roti khas India yang sangat populer. Dibuat dari adonan yang di kemudian di goreng dengan sedikit minyak. Hmmm rasanya gurih nikmat. Untuk kuah kita bisa memilih memakai kare atau bahkan dengan gula saja atau susu kental manis. Di beberapa tempat juga menjual canai dengan berbagai variasi. Namun, saya tetap menyukai yang original. Dan menurut saya canai di Al-wira termasuk salah satu yang the best. Baik dari segi rasa dan tekstur plus tentunya dipengaruhi oleh suasana.

Teh Halia

al-wira-teh-halia

Teh Halia yaitu semacam teh tarik namun lebih yahud karena ada tambahakan jahe di dalamnya. Ketika di minum panas, jahe ini cukup terasa hangat dan sedap. Saya sendiri sangat menikmati Teh Halia ini. Makan canai, so pasti minumnya Halia panas dan ketika makan nasi maka minumnya teh tarik dingin. Sedapppp … (oya di sini kadang di beberapa tempat kalau nyebut es teh tarik cukup bilang “Tea Ice”)

Nasi Lemak dan Ayam Goreng

al-wira-restaurant

Nasi lemak disini juga sering kali menjadi malaikat dikala dini hari kami kelaparan. Nasi lemaknya sebetulnya bukan tipe kesukaan saya. Karena aroma dan rasanya kurang kuat. Namun wooowwww sambal nasi lemak di Al Wira sini enak sekali !!! Sambalnya mengingatkan saya pada sambal ayam pop di resto padang di Cibubur. Tidak pedas dan sangat segar. Belum nemu lagi sambal yang sesegar ini di Indian Food lainnya di Malaysia sini. Bahkan di tempat yang menjual nasi lemak sesuai selera saya, sambalnya tidak seenak disini.

Selain sambalnya, ayam goreng di Al Wira sini cukup membuat saya jatuh hati. Pertama saya agak terkejut. Karena ayam goreng yang saya pesan datang dalam warna merah menyala. Saya kira akan pedas dan lembek. Ternyata salah, ayamnya enak sekali, tidak pedas dan crispy. Makan nasi lemak dengan lauk ayam goreng berwarna merah ini? Luar Biasa Nikmat!!!

Roti Naan

al-wira-roti-naan al-wira-naan

Menu lain disini adalah Naan. Roti yang adonannya di oven dalam Gentong tanah liat. Yang unik adalah cara memanggangnya adalah dengan di tempelkan pada sisi sisi gentong. Beberapa tempat menyajikan naan dengan tipenya masing masing, disini naan hadir dalam adonan yang liat, jadi naannya agak tebal dengan rasa yang tawar. Disajikan bersama dengan 3 macam saus. Hijau, orange dan agak merah. Jika anda suka pedas, cobalah yang hijau. Saya pribadi suka yang orange, rasanya kental curry kentang yang nikmat.

Mie

al-wira-mie

Sementara untuk Mie-nya. Mie Goreng yang saya pesan saya sendiri tak tahu namanya apa hehee. Saat memesan cuma bilang “Mie goreng”. ternyata rasanya sangat seafood dan campuran rempah India yang sangat kuat. Buat yang tak suka pedas, bilang saja dari awal, karena mie ini memiliki rasa asli yang cenderung pedas.

Selain enak, makan disini juga murah. Bisa anda bayangkan, ini adalah tagihan saya ketika makan berdua saja dengan Zara pada satu malam:

3 Telur Rebus
1 Teh Tarik
1 Nasi Lemak
1 Botol Air Mineral

Total tagihan hanya 6.80 RM (1 RM kurang lebih 3500 IDR) yaa berarti sekitar 23.000 Rupiah. Murah sekali bukan??? Enak, Kenyang, Murah. Sungguh Surga Kuliner. Woowww gimana?

—————————————-
Alamat Restaurant Al Wira
Jl. Manis 3 Taman Segar
Cheras – Kuala Lumpur
Malaysia

—————————————

Penulis : Catur Guna Yuyun Ang
Instagram @catur_guna dan @jakartaseru
Facebook : https://www.facebook.com/groups/jakartaseru/
Email : caturguna.ang@gmail.com

 

  • Add Your Comment