Caraku Mendapatkan Uang dari Kamera Ponsel

Sepenting apakah kamera ponsel buat anda??? Kalau anda tanya saya jawabannya tak hanya sekedar penting. Tapi penting banget! Karena dari kamera HP lah saya mendapatkan penghasilan. Wait, mendapat uang dari kamera HP? Yup … ini dia kisahnya.

Dimulai dari awal kisah ya. Saya dan kamera, tampaknya adalah satu jiwa yang tak dapat dipisahkan. Sejak zaman duduk di bangku SD, zaman kamera masih pake klise, saya sudah menenteng kamera kemana pun pergi #sombongwkwkwkww. Bukan, bukan sebagai fotografer professional, tapi saya memang suka mengabadikan foto teman teman. Asal jepret yang penting wajah ke foto, sebagai kenang kenangan jika suatu saat kita harus berpisah.

Namun saat itu tentu hanya beberapa moment tertentu yang saya abadikan demi penghematan biaya beli klise dan cuci cetak yang ngga murah. Dan total album foto saya sejak SD – SMA dengan kamera berfilm klise adalah 7 album dan ratusan foto yang sudah di cetak tapi belum punya rumah hihihi.

Maaf, tapi barang buktinya ga bisa dipamerkan karena sejak menikah pada 2011 sampai hari ini saya sudah pindah tempat tinggal 9x hahahaaa so, album foto disimpan di gudang rumah mertua entah di kardus yang mana dan saya selalu berdoa semoga photo album tersebut ngga dimakan kutu huhuhu. BTW, 9x ??? Yes, begitu menikah saya tinggal di Purwokerto, pindah ke Jepang, balik ke Purwokerto, lalu pindah ke Ciracas, pindah lagi ke Cibubur, lalu hijrah ke Malaysia, pindah lagi ke Tuban, lalu balik lagi ke Jakarta dan per Juli ini pindah ke Tangerang. Yeaaahh !!!

Kebayangkan, betapa berwarnanya kehidupan saya setelah menikah. Pindah pindah lokasi adalah hal yang sangat menyenangkan buatku dan kebayang donk, berapa ribu sudah foto yang ku torehkan sejak menikah. Laaahh, waktu kamera masih klise aja total foto saya ada lebih dari 500 lembar. Jadi bisa dibayangkan begitu ada kamera digital.

——

Kegemaran saya memotret ternyata membawa saya ke dunia maya. Selain suka memotret, saya juga suka menulis. So, jadilah tahun 2008 saya membuat blog caturguna.multiply.com. Blog gratisan tersebut saya bangun dengan modal awal foto foto dari kamera HP. Meski ngga terlalu bagus hasil kamera HP saat itu, toh pembacanya banyak looohhhh #bangga.com

Kemudian tahun 2010 saya membuat www.wisataseru.com dengan modal membeli kamera DSLR, supaya tampilan lebih bagus dan wuhuuuu pembaca wisataseru lumayan loh, sekitar 2700 halaman terbuka perhari. Dari web ini saya pun mendapatkan rupiah perbulan, mayan buat uang jajan.

Namun, setelah menikah dan punya anak di tahun 2012, kameranya jadi pensiun hihihi. Maklum, bawa baby dan kamera bukanlah pekerjaan mudah buat saya.  Selain berat membawanya, juga saat memotret jadi terasa susah karena si kecil selalu ingin menggapai gapai kamera. Akhirnya sejak itu saya memutuskan membeli HP dengan kamera bagus supaya tiap liputan tinggal jepret jepret pakai HP saja. Dan tralala, sejak 2012 tersebut hampir 60% blog saya fotonya pakai kamera HP loh. Hasilnya oke kan ??? Pasti susah untuk mengira mana foto saya yang pakai HP dan DSLR. Hayooo ngakuuuu.

Tempura

the duck king

the duck king

steak abuba

Coba tebak, foto diatas, mana yang pakai HP mana yang pakai DSLR??? Jawabannya ????? Ini semua motret pakai kamera HP loh – nah loh bisa ngga kalian lihat di blog saya, mana yang di foto pakai kamera HP dan DSLR??? Kalau kamera HPnya oke, buat ngeblog oke banget loh kamera HP itu. Sangat menolong untuk blogger seperti saya yang suka malas bawa kamera hihihi.

Lebih dari sekedar untuk memotret di blog, kamera HP buat saya juga kemudian adalah untuk membuat video Youtube. Yes, saya memiliki channel Youtube dengan nama channel ZARA CUTE. Tak disangka ia memiliki penonton yang lumayan dan dari google adsense saya mendapat pundi rupiah juga. Dan sekali lagi. Video video di youtube tersebut, asli semua saya buat dan edit dengan memakai HP.

Ada cerita membanggakan dengan video video di youtube saya tersebut. Saat itu tokoh utama video saya, Zara, masuk nominasi iklan Frisian Flag dan si mba dan mas produser bertanya “Itu bikin videonya pake kamera apa?”. Saya bilang “pake HP”. 5 orang crew tersebut langsung melotot. Waahhh ga mungkiiin kata mereka. Lalu saya tunjukkan file aslinya dan mereka baru percaya. Kata mereka, “Pakai HP bisa bagus gini ya”.

Hehehee, … Oya, jadi selain wisataseru.com dan youtube ZARA CUTE, saya juga punya web lagi, yaitu jakartaseru.com ini. Meski baru, tapi sudah menghasilkan rupiah juga perbulannya. Lumayan kaaan. Berkat kamera HP, saya pun bisa jadi Ibu RT yang menghasilkan uang. Sambil rawat anak, sambil dapat duit.

Semoga artikel saya ini dapat menjadi suntikan motivasi buat teman teman dirumah ya. Bahwa ternyata bekerja dengan kesukaan itu mengasyikkan. Saya sungguh tak pernah menyangka jika hobi saya memotret dan menulis, dapat menjadi penghasilan utama saya setelah menikah ini. Yuk mari teman, kita manfaatkan apa yang bisa kita lakukan. Salam jakartaseru

    1. Fitrie July 3, 2016
    2. Fitroh Satrio July 3, 2016
    3. synthia July 9, 2016
      • Catur Guna July 10, 2016
    4. Keluarga Biru July 13, 2016
      • Catur Guna July 16, 2016
    5. Nathalia DP July 13, 2016
      • Catur Guna July 16, 2016
    6. Uniek Kaswarganti July 31, 2016
      • Catur Guna August 2, 2016
      • Catur Guna August 2, 2016
    7. Murtiyarini August 1, 2016

    Add Your Comment