2500 IDR/ porsi yang layak Diburu hingga ujung Kemayoran

Makanan apa yang murah, enak, mengenyangkan dan layak diburu meski jauh jauh juga? Jika belum ketemu jawabannya, ayooo ikuti terus tulisan demi tulisan di jakartaseru ini. Karena saya mau bagi info makanan merakyat yang sudah melegendaris namun tetap bersahaja. Bahkan saking melegendanya, warung yang satu ini meski jualannya cuma 2500 perak saja perporsi, tapi ramai ditulis oleh para blogger. Widiihhh makin penasaran kan???

Warung ini nyaris ngga kelihatan, padahal lokasinya ada persisi di jalan raya – ngga ada plang namanya sih!!! Saking larisnya, yang makan kadang ngga makan di warungnya, tapi sampai ngemper ke kursi kursi tetangga. Serunya lagi, warung ini buka 24 jam dan nyaris selalu ramai jam berapapun. Namanya KETAN SUSU KEMAYORAN!!!

Pertama buka yakni sekitar tahun 1958. Pelanggannya hanya kalangan supir bus, namun seiring kelezatannya yang mencetar bahana *niru gaya syahrini, sekarang ketan susu ini digandrungi ngga cuma supir bus, tapi sampai kalangan artis dan anak muda gaul dengan mobil mewah. woooww … dan hebatnya, meski pelanggannya sudah menasional, tapi warungnya tetap lah sederhana dan dimasak secara tradisional pula.

Warungnya kira kira hanya seluas 2×3 meter (ini sudah termasuk dapur loh). Layaknya warung pinggir jalan lainnya, kayu penyangga kedai ini sudah lapuk dimakan usia. Penyusunan makanan pun sama sekali tak diatur. Usai menggoreng tempe dan pisang goreng, langsung aja di makbyuuurrrr ke tampah yang ada di meja display (pelanggan bebas mengambil – tapi tolong jangan lupa menghitung habis berapa habis berapa ya hahahaa kasian, jualannya udah murah, nanti bukan untung malah buntung).

Tapi herannya, biarpun warung dan penyajiannya apa adanya, tapi justru tampak nikmat menggelora. Saya kalau makan disini selalu habis 2 porsi ketan dan 5 tempe goreng hahahaaa.

Ketannya sangat pulen. Dengan diguyur kelapa dan susu manis, ketan ini membuat lidah saya tak bisa berhenti merasakan nikmatnya sampai di jam jam berikutnya. Apalagi ketika ketan yang manis gurih ini kemudian dimakan bersama tempe hangat, wadeuuhhh .. entah bagaimana masaknya, yang jelas tempe disini beda banget!!! Tempenya wangi dan renyah disaat bersamaan. Baru disini saya makan tempe senikmat ini.

Saya pernah makan saat siang, sore dan malam. Suasana paling enak adalah ketika memakannya saat malam hari. Dimana angin sudah mulai dingin, lalu diawali dengan memesan teh poci hangat beraroma teh slawi Tegal (teh nya dalam teko poci tanah liat dengan gula dari gula batu) dan sikaaattt!!! Bisa nongkrong sampe berjam jam kalau sudah begini heheee.

——————————————————————————–

Nama Warung : Ketan Susu Kemayoran
Alamat : Jl.Garuda Ujung No. 5 , Kemayoran – Jakarta Pusat
Kategori : Makanan Rakyat
Buka : 24 jam
Range Harga : 500 IDR – 3000 IDR
——————————————————————————–
Penulis : Catur Guna Yuyun Ang
Instagram @catur_guna dan @jakartaseru
Facebook : https://www.facebook.com/groups/jakartaseru/
  • Add Your Comment